SELAMAT DATANG DI BLOG EKO BUDI SANTOSO " Berbagi Informasi dan Wawasan untuk Kemajuan Bersama" www.ekobudisantoso10.blogspot.com

Translate

Jumat, 16 Juli 2010

Arah Kiblat Berubah

Arah Kiblat Ke Barat Laut Sebuah Fatwa MUI Mengenai Arah Kiblat
Tagged with: arah kiblat arah kiblat ke barat laut barat laut fatwa MUI fatwa mui arah kiblat kiblat
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarakan fatwa baru mengenai arah kiblat Indonesia yang berubah dari yang sebelumnya arah kiblat menghadap ke Barat berubah kearah Barat Laut.
MUI meminta agar ini diperhatikan oleh masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang muslim. Karena kiblat adalah arah yang menunjukkan arah shalat dan shalat itu adalah wajib.
Arah kiblat harus mengarah ke Ka’bah. Sedangkan Wilayah Indonesia berada di sebelah timur dan sedikit ke selatan dari Ka’bah, hal ini yang menjadi alas an MUI bahwa untuk Indonesia arah kiblat bukanlah ke Barat tetapi ke arah Barat Laut.
MUI juga mengatakan bahwa fatwa perubahan arah kiblat dari Barat menjadi Barat Laut ini bukan dikarenakan gempa bumi dan sunami sehingga terjadi pergeseran bumi di wilayah Indonesia, namun hal ini berdasarkan perhitungan matang dari para ahli menganai arah kiblat yang menghadap ke Ka’bah.
Untuk memastikan kembali arah kiblat agar tidak salah arah, pada hari Jum’at (16/07) pada pukul 16.26 WIB matahari berada tepat di atas ka’bah. Untuk seluruh warga muslim dunia terutama Indonesia bisa menjadikan ini sebagai patokan untuk menyesuaikan arah kiblat.
Perubahan arah kiblat ini tidak harus merubah posisi masjid sehingga terjadi pembongkaran, namun cukup dengan perubahan arah shaf saja.
Pada kenyataannya hal ini tidak mudah untuk diterima dan dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena perubahan kiblat dari Barat ke arah Barat Laut ini tetap menjadi kontraversi.
http://www.beritaterkinionline.com/2010/07/arah-kiblat-ke-barat-laut-sebuah-fatwa-mui-mengenai-arah-kiblat.html.

0 komentar: